PROGRAM EKOPESANTREN

APA ITU EKOPESANTREN

TUJUAN EKOPESANTREN

  1. Memberdayakan komunitas pesantren untuk meningkatkan kualitas lingkungan berdasarkan Alqur’an dan Al Sunnah.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup pada komunitas pesantren.
  3. Meningkatkan penerapan ajaran Islam tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan dalam kegiatan sehari-hari di lingkungan pesantren dan masyarakat.
  4. Mewujudkan pesantren yang bersih, sehat dan ramah lingkungan.
  5. Meningkatkan aktifitas pesantren yang mempunyai nilai tambah baik secara ekonomi, sosial dan ekologi bagi komunitas pesantren dan masyarakat sekitarnya.
  6. Menjadikan pesantren sebagai model pembelajaran pendidikan lingkungan berbasis Islam bagi komunitas pesantren dan masyarakat sekitar.

KEUNTUNGAN IKUT EKOPESANTREN

  1. Meningkatkan efisiensi pelaksanaan kegiatan operasional pesantren dalam mengelola sumber daya yang ada.
  2. Penghematan sumber dana melalui pengurangan konsumsi berbagai sumber daya.
  3. Meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi warga pesantren.
  4. Menciptakan kondisi kebersamaan bagi komunitas pesantren sekaligus meningkatkan kesadaran dan kesejahteraan masyarakat sekitar.
  5. Mengurangi dan menghindari berbagai resiko dampak lingkungan yang terjadi di sekitar pesantren.
  6. Menjadi tempat pembelajaran bagi masyarakat tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan berdasarkan ajaran Islam

PRINSIP EKOPESANTREN

  • Menerapkan nilai budaya pesantren, yaitu: kemaslahatan, keikhlasan, kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian lingkungan hidup.
  • Menerapkan pendidikan lingkungan hidup, yaitu memiliki pengetahuan, ketrampilan, sikap, motivasi dan kepedulian untuk memecahkan masalah lingkungan yang ada sekarang dan mencegah terjadinya masalah-masalah baru di masa depan yang dikenal dengan pendekatan KAASP – Knowledge, Awareness, Attitude, Skill and Participation (Pengetahuan, Kesadaran, Sikap, Ketrampilan, dan Partisipasi)KAASP itu dijelaskan sebagai berikut:
    • Pengetahuan terhadap hal-hal yang diminati tersebut sehingga dapat dipahami dan dihayati dan  merupakan prasyarat  munculnya kesadaran terhadap lingkungan hidup.
    • Kesadaran adalah satu proses dimana orang mulai terbangkitkan ketertarikannya, keinginannya untuk mengetahui suatu hal, seperti lingkungan sekitar, persoalan lingkungan, sosial dan sebagainya.
    • Sikap artinya perubahan sikap (perilaku) yang merupakan salah satu bagian terpenting yang harus dikembangkan, tanpa perubahan dari dalam diri kita sendiri, pengetahuan dan keahlian yang telah dimiliki tidak akan berarti banyak dan bermanfaat bagi pihak lain.
    • Keterampilan adalah pentingnya menerapkan akumulasi pengetahuan dapat diiterapkan/diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga diperlukan keterampilan-keterampilan tertentu yang dapat membantu  memberikan kontribusi dalam suatu aksi.
    • Partisipasi adalah mendorong munculnya partisipasi dan aksi langsung dari setiap individu secara bersama-sama, apabila hanya individu saja yang bergerak tidak akan banyak membantu perubahan yang kita inginkan.
  • Berkelanjutan artinya Ekopesantren tetap menjamin keberlanjutan implementasi dan capaiannya meskipun terjadi pergantian kepemimpinan di pesantren tersebut.